Headline

5 Cara Manjur Nagih Hutang Agar Kamu Nggak Pusing Lagi

5 Cara Manjur Nagih Hutang Agar Kamu Nggak Pusing Lagi

FaktaTren.com – Kegalauan nyata adalah memikirkan tentang nagih hutang yang tidak kunjung dibayar oleh si peminjam. Apalagi foto-foto bahagia keliling dunia si peminjam bertebaran di postingan si peminjam, seakan-akan dunia miliknya, padahal hutang belum dibayarnya. Pasti kamu merasa jengkel sekaligus pusing memikirkan bagaimana cara nagih hutang dengan cara efektif dan manjur.

Nah, tulisan ini hadir untuk memberikanmu 5 Cara Manjur Nagih Hutang Agar Kamu Nggak Pusing Lagi. Yuk simak!

1. Taselus: Tagih secara halus

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah menagih secara halus sehingga tidak memicu kerenggangan hubungan persaudaraan dengan si peminjam. Buatlah beberapa alasan kenapa hutangmu perlu dibayar.

Contohnya: Kak/ Bang/ sis/Bro, saya sedang membutuhkan uang banget nih. Kira-kira bisa enggak jika dalam waktu dekat uang yang dipinjami waktu itu dibalikin? Darurat nih, hehehe.

2. Jursinut: Jurus Sindiran Maut

Jika taselus (tagih secara halus) tidak berjalan mulus, maka cara kedua yang dapat ditempuh untuk menagih hutang adalah dengan sindiran maut.

Caranya, bisa disindir di dengan cara mengirim pesan atau mendatangi lansung si peminjam.

Contohnya: Kak/Bang/Bro/sis, bisa pinjam duit enggak? Lagi darurat nih. Ga banyak sih, sebesar uang yang kamu pinjam bulan kemarin aja. Heheh.

Tentu saja itu hanya sebuah contoh sindiran mautnya. Jika semisal itu kurang greget, kamu boleh membuat versimu sendiri, tentu dengan tidak melewati batas sehingga menyakiti si peminjam. Fokus kita adalah agar dikembalikan hutang, bukan menyakiti. Sindiran boleh maut tapi tetap jaga agar tidak ada hati yang tersakiti. #Jursinut

3. Tepitah: Tekan Tapi Jangan Patah

Nah, cara ketiga ini bisa ditempuh jika cara satu dan kedua diatas tidak ampuh. Tekan tapi tidak patah (Tepitah) ini caranya dilakukan dengan menagih secara terang-terangan.

Caranya, kamu datangi langsung si peminjam terus bilang dengan nada tegas: Kak/Bang/Bro/Sis, kapan nih bisa dibalikin hutang yang dipinjam. Butuh banget nih. Mohon Dibayar segera, ya!

4. Mintolbat: Minta Tolong Sahabat

Jika ketiga cara diatas belum juga membuat si peminjam membayar hutanya, maka gunakanlah cara ke empat ini, mintolbat.

Caranya kamu minta bantu pihak ketiga untuk berbicara kepada si peminjam. Pihak ketiga ini bisa bercerita kepada si peminjam bahwa kamu benar-benar sedang membutuhkan uang untuk keperluan yang sangat mendesak, sehingga akan sangat baik jika sang peminjam ini segera membayar hutangnya. Hehe.

5. Nalesi: Nagih Lewat Surat

Setelah empat cara diatas tidak manjur juga, maka cara kelima yang penulis rekomendasikan adalah nagih lewat surat.

Yap, benar. Kamu enggak salah baca kok. Terdengar agak konyol sih, tapi penulis sudah mencobanya, itu manjur. Tuliskanlah… Tuliskanlah

Contoh surat yang dapat kamu kirimkan kepada si peminjam adalah:

Bumi, 27 November Tahun sekarat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,

Halo saudaraku di tempat.

Bagaimana itu kabarmu? apakah liburannya berjalan tenang, tentram, dan damai? aku ingin mengingatkan sesuatu kepadamu-tentang hari itu,

Hari dimana engkau datang kepadaku dengan wajah tangis, kamu bilang bahwa kamu sangat butuh uang, lalu meminta pinjam. Aku, yang waktu itu alhamdulillah sedang ada rezeki sedikit lebih memberikanmu pinjaman.

Sekarang, aku sedang membutuhkan. Bisakah engkau mengembalikan? saya sangat menantikannya.

Tertanda,
Orang yang meminjamkanmu uang, 3 tahun lalu.

Demikianlah 5 Cara Manjur Nagih Hutang Agar Kamu Nggak Pusing Lagi

Ikan hiu makan tomat, Semoga Bermanfaat.

Moga-moga hutangmu Segera Dibayar. Aamiin.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Type and hit Enter to search

Close