Headline

AGII: Aneka Gas Industri Berencana Mengeluarkan Sukuk, Segini Nilainya

AGII: Aneka Gas Industri Berencana Mengeluarkan Sukuk, Segini Nilainya
AGII

FaktaTren.com – PT. Aneka Gas Industri Tbk. (AGII) berencana menerbitkan dan menawarkan Sukuk Ijarah Berkelanjutan II Aneka Gas Industri Tahap IV Tahun 2021 senilai Rp150 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi perseroan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (29/11), sukuk ijarah ini diterbitkan tanpa warkat, kecuali sertifikat jumbo sukuk ijarah yang diterbitkan atas nama PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), sebagai bukti kewajiban untuk kepentingan pemegang sukuk ijarah.

Sukuk Ijarah ini ditawarkan kepada masyarakat dalam dua seri, sebagai berikut:

  • Seri A: Jumlah Sisa Imbalan Ijarah Sukuk Ijarah Seri A yang ditawarkan adalah sebesar Rp133 miliar dengan cicilan imbalan ijarah sebesar Rp. 10,773 miliar per tahun yang dihitung dari jumlah sisa imbalan ijarah Seri A atau sebesar Rp. 81 juta per Rp. 1 miliar per tahun dari jumlah sisa imbalan ijarah sukuk ijarah. Seri A berjangka waktu 3 (tiga) tahun terhitung sejak tanggal emisi.
  • Seri B: Jumlah Sisa Imbalan Ijarah Sukuk Ijarah Seri B yang ditawarkan adalah sebesar Rp. 17 miliar dengan cicilan imbalan ijarah sebesar Rp. 1,55 miliar per tahun yang dihitung dari Jumlah Sisa Imbalan Ijarah Seri B atau sebesar Rp. 91,5 juta per Rp. 1 miliar per tahun dari jumlah sisa imbalan ijarah sukuk ijarah. Seri B yang berjangka waktu 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal emisi.

Cicilan Imbalan Ijarah untuk masing-masing seri akan dibayarkan setiap triwulan (3 bulan) sejak tanggal emisi. Di mana pembayaran atas cicilan imbalan ijarah pertama akan dibayarkan pada 17 Maret 2022.

Pembayaran sisa imbalan ijarah dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% dari sisa imbalan ijarah yang dilakukan pada tanggal jatuh tempo sukuk ijarah, yaitu pada 17 Desember 2024 untuk Seri A dan 17 Desember 2026 untuk Seri B.

Dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan dipergunakan untuk melunasi sisa imbalan Ijarah Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahap III Tahun 2019 dan belanja modal, di antaranya untuk penambahan dan/atau peremajaan mesin dan peralatan, serta meningkatkan sarana dan prasarana distribusi, termasuk di antaranya tabung, tangki penyimpanan, isotank, lorry tank dan lainnya yang mendukung sistem distribusi oleh perseroan.

Perseroan telah menunjuk PT. BRI Danareksa Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi.

Perkiraan masa penawaran umum pada 10-14 Desember 2021, penjatahan pada 15 Desember. Kemudian, pengembalian uang pemesanan pada 17 Desember. Tanggal distribusi obligasi dan sukuk ijarah secara elektronik pada 17 Desember dan pencatatan di bursa pada 20 Desember.

(shariahfinance.id)

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Type and hit Enter to search

Close