Headline

CPNS 2021 Curang Lagi, Haruskah Ganti Pemain di BKN?

CPNS 2021 Curang Lagi, Haruskah Ganti Pemain di BKN?

Faktatren.com – Seleksi CPNS 2021 hampir memasuki babak akhir. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah rampung dilaksanakan dan hasilnya juga sudah diumumkan. Semua Instansi pembuka lowongan kini akan memasuki babak Seleksi Kompetensi Bidang yang sangat menentukan.

Hanya peraih nilai SKD terbaik yang akan mengikuti SKB kali ini. Peserta SKB tentu mempersiapkan diri sebaik mungkin dan juga harap-harap cemas akan kelulusannya.

Tapi ada satu hal yang cukup menggelitik kita semua terkait CPNS 2021 kali ini. Jadwal yang selalu undur dari jadwal seharusnya, adalah hal biasa bukan. Seolah-olah panitia lah yang menyesuaikan jadwal dengan kondisi di lapangan. Seolah tidak punya langkah antisipatif terhadap kendala yang akan terjadi.

Akhirnya, setiap ada kendala maka jadwal yang akan mundur lagi. Budaya ngaret dan terlambat harus menghilang dari instansi kita. Eh lupa, anggota gak boleh telat, tapi pimpinan boleh. Termasuk membuat keputusan yang menjadikan jadwal ngaret lagi.

Namun ada satu hal lagi yang akan membuat kita ketawa. Seleksi CPNS 2021 mengalami kecurangan lagi. Pantas saja, stigma masyarakat memang negatif terhadap PNS.

Mulai dari jargon “halah, kerja hasil nyogok”. “Sia-sia belajar buat ujian kalau ngambil SK nya aja harus pake uang tebusan”. Sampai “pengangkatan pegawai karena orang dalam” adalah hal lumrah yang seolah jadi biasa.

CPNS : Profesi Idaman dan Para Calo

Beragam cara memang kerap membuat gelap mata agar seseorang berhasil menjadi profesi abdi negara yang satu ini. Jaminan masa kerja yang lama, serta beragam privilege lainnya begitu menggiurkan bukan.

Bahkan sampai ada jasa calo CPNS juga. Yang mana beberapa waktu yang lalu menimpa salah satu anak artis tanah air. Tak tanggung-tanggung, para calo yang menawarkan paket langsung lolos tanpa seleksi. Mahar yang ditawarkan juga di kisaran puluhan juta. Termasuk murah, jika dibandingkan dengan beberapa oknum yang membuka tarif ratusan sampai miliaran rupiah.

Modus Kecurangan CPNS 2021

Sudah jadi hal yang biasa kalau seleksi CPNS kerap mengalami kecurangan. Masyarakat tentu sudah mafhum akan hal tersebut. Gak curang maka gak rame dan gak asyik, begitu mungkin gumam masyarakat kita.

Remote Access

Kalau dulu modus kecurangan adalah terkait sogok menyogok. Atau menyadap soal dan kunci jawaban secara manual lewat orang dalam ataupun panitia penyelenggara. Kali ini modusnya lebih canggih dan terorganisir lagi. Menggunakan remote access atau pengendalian jarak jauh.

Makin canggih zaman, makin canggih juga kejahatan dan modus penipuan yang bisa pelaku lakukan. Tentunya asal tau cara menggunakannya.

Para peserta tetap hadir ke lokasi ujian seperti peserta kebanyakan. Mereka juga melakukan prosedur seperti peserta lainnnya yang mengikuti ujian. Tapi, PC/Laptop yang mereka gunakan telah terpasang software yang bisa membuat orang lain mengakses PC/Laptop yang mereka gunakan.

Alhasil, para joki lah yang mengendalikan jalannya permainan ujian. Mereka Cuma tinggal duduk manis, sambil menggerakkan mouse kesana kemari. Tentunya itu hanya pura-pura. Karena yang mikir dan memilih jawaban adalah para joki.

Lokasi Palsu

Modus lainnya adalah menggunakan titik lokasi ujian palsu. Datang ke tempat ujian, mengambil pin dan password ujian. Lalu pergi ke lokasi lain, mengakses soal ujian dengan PC/Laptop pribadi dan tentu saja mengikutsertakan joki dalam mengerjakan soal.

Beberapa peserta bahkan bisa lolos deteksi metal sehingga bisa bebas membawa HP. Memotret soal, dan berbagi soal untuk diskusi mencari jawaban. Tentu khalayak ramai bertanya-tanya, kok bisa? Kok bisa? Kok bisa mereka begitu mudahnya melakukan hal tersebut.

Ya bisalah, kan ada orang dalam. Orang dalamlah yang membuka pintu otomatis buat mereka memuluskan aksinya. Kalau mereka nekat membobol sistem tanpa bantuan orang dalam, pastinya butuh usaha ekstra 3-4x lipat bukan?

Para peserta yang ikut seleksi CPNS 2021 bahkan rela mengeluarkan uangnya buat belajar. Menyisihkan waktunya buat belajar dan mengoprek soal pembahasan. Rela ikut try out berkali-kali Cuma demi lolos passing grade. Rela sebar-sebar link di sosmed Cuma demi dapat materi pembahasan. Eh ada oknum tertentu yang hanya modal cuan ratusan juta tapi mau dapat nilai top skor nasional padahal otaknya nggak dipake.

Evaluasi CPNS 2021 dan Pasti akan Terjadi Lagi

Kasus modus curang ini terjadi di beberapa titik lokasi ujian. Namun yang jadi pusat perhatian adalah yang terjadi di Kabupaten Buol. Panitia penyelenggara kelihatan begitu serius menggarap kasus kecurangan ini. Seolah-olah baru saja terjadi yang seperti ini, dan seolah-seolah hanya di titik lokasi yang satu ini saja kecurangan terjadi.

Padahal kalau memang hendak memberantas kecurangan, BKN harus mau mengaudit seluruh pihak yang terkait. BKN harus memeriksa para penyelenggara, PC/Laptop yang dipakai ujian, serta server yang menyediakan soal. Cek aktifitas apa saja yang terjadi di server, barangkali ada jejak-jejak pencuri soal dan jawaban di server, siapa yang tau kan?

Kalau hanya memeriksa PC/Laptop yang dipakai ujian akan memakan waktu yang lama. PC/Laptop bisa jadi hanya disewa, para pelaku bisa dengan cepat ganti harddisk atau install ulang. Akhirnya jejak para pelaku makin sulit dilacak.

Bukan cuma itu saja, evaluasi orang dalam panitia pelaksana. Mulai dari para petinggi sampai para pelaksana di tingkat bawah. Tapi itu ya kalau berani dan mau ya. Kalau cuma berani tapi tidak mau ya tidak bisa. Kalau Cuma mau tapi tidak berani ya tidak kelar juga ini masalah.

Jika orang dalam melakukan kecurangan, sistem secanggih apapun tetap akan terbobol. Dalam film Who Am I? menyebutkan tak ada sistem yang aman. Karena yang punya akses ke sistem canggih CAT BKN orang dalam kan?

Jadi pertanyaannya, siapa yang masang aplikasi remote access di PC/Laptop ujian? Siapa petugas pemeriksa yang membiarkan peserta membawa HP? Pihak mana yang membuat peserta bisa ujian di di lokasi lain?

Makhluk mana yang tega membocorkan ribuan soal dan jawaban itu? Selama panitia pelaksananya itu lagi itu lagi ya bakalan gini terus kayaknya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Type and hit Enter to search

Close