Headline

4 Langkah Agar Resolusi Tahunan Anti Gagal

4 Langkah Agar Resolusi Tahunan Anti Gagal

FaktaTren.com – Hari-hari berlalu dengan sangat cepat. Seakan baru kemarin tahun baru, ini sudah Desember kembali, dan sebentar lagi Januari.

Percaya atau tidak, biasanya di awal tahun banyak orang atau jika tidak bisa kita bilang keseluruhan maka segelintir orang akan berlomba-lomba menuliskan daftar keinginan yang ingin di capai setahun kemudian, bahasa kerennya disebut dengan istilah “resolusi”.

Sebenarnya Apasih yang Dimaksud dengan Resolusi?

Dalam kamus Cambridge disebutkan defenisi dari resolusi adalah janji yang dibuat pada diri sendiri untuk memulai sesuatu yang baik dan menghentikan kebiasaan buruk mulai dari hari pertama tahun baru. Sedangkan dalam KBBI, resolusi bermakna sebagai pernyataan tertulis yang berisi tuntutan tentang suatu hal.

Membaca dua pengertian resolusi diatas, penulis menyimpulkan bahwa resolusi secara singkat dapat kita artikan adalah sebuah pernyataan atau janji yang dibuat untuk membuat perjalanan hidup lebih terorganisir atau lebih terarah. Sebab itulah banyak orang-orang memutuskan menuliskan resolusi-resolusi tahunan di awal tahun mereka.

Namun yang menjadi masalah adalah: resolusi hanyalah resolusi, ia kerapkali hanya berbentuk tulisan tanpa berhasil diwujudkan. Alias gagal dari tahun ke tahun, tahun bergerak maju, sedang resolusi tidak pernah berhasil. Heuheuheu.

Jadi, Bagaimana sih Agar Resolusi Tahunan yang Dibuat Bisa Diwujudkan?

Simak 4 Langkah Agar Resolusi Tahunan Anti Gagal:

1. Muhasabah/Evaluasi

Langkah pertama sebelum menyusun resolusi adalah melakukan muhasabah atau evaluasi perjalanan hidup yang sudah dilakukan dari januari sampai desember sebelum memasuki tahun baru.

Renungilah secara mendalam: apa saja faktor-faktor yang menyebabkan resolusi tahunan kurang tercapai atau bahkan tidak pernah tercapai. Mulailah menganalisis dari faktor dalam diri, luar diri. Jika sudah menemukan, maka tuliskanlah untuk bahan perbaikan kedepannya.

2. Buatlah Resolusi yang Realistis

Setelah melakukan muhasabah, langkah kedua membuat resolusi anti gagal adalah: buatlah resolusi yang realistis. Artinya, resolusi yang dibuat sesuai dengan kemampuan dan tidak terlalu mengada-ngada.

Semisal, jika kamu berkeinginan membuka usaha maka tuliskan saja “bismillah 2022 membuka usaha kue kering”. Jangan menuliskan “2022 Membuka usaha kue kering dengan ribuan cabang di indonesia”, karena jika resolusi yang kamu tulis terlalu “jauh” maka bukan semangat yang kamu dapatkan, melainkan saat terasa sulit mencapainya kamu akan menyerah duluan.

3. Perlu Teman Penyemangat/Komunitas

Poin ketiga ini penting sekali teman-teman. Karena saat kita sendiri semangat kita suka menghilang. Nah, saat kita memiliki teman-teman atau komunitas mereka akan menjadi sebuah motivasi yang membuat semangat kita kembali.

Maka jangan sendirian. Milikilah teman pendukung atau komunitas yang dapat membantumu mewujudkan resolusi yang sudah dituliskan!

4. Pantau Terus

Pastikan memiliki catatan khusus setiap hari, atau minimal setiap pekan untuk menuliskan perkembangan pencapaian resolusi yang sudah dibuat.

Kamu bisa menuliskan di jurnal khusus, atau kamu boleh mengetikkannya di catatan hp kamu. Pantau terus!!

Analisis dimana kendala, perbaiki, pantau lagi. Terpenting, jangan manjakan rasa malasmu. Bunuh dia sekuatmu, karena terlalu lucu jika resolusi gagal setiap tahun karena dikalahkan malas yang tidak berujung. Heuheuheu.

Demikian 4 Langkah Agar Resolusi Tahunan Anti Gagal yang dapat dicoba agar resolusi tahunan tidak gagal terus terusan.

Ikan hiu makan tomat, semoga bermanfaat!



-------
Penulis

Nova Mulyasari Jaihas
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Type and hit Enter to search

Close