Headline

Di Rumah Aja Yes, Buncit No!

Di Rumah Aja Yes, Buncit No!

FaktaTren.com – Berat badan terus naik, asupan makanan makin tidak terjaga, istirahat tidak terjadwal dengan baik. Contoh sebelumnya adalah gambaran diri manusia zaman sekarang. Rutinitas harian berupa pekerjaan ataupun kegiatan lain telah membuat jadwal kita jadi padat. Kesibukan yang telah menjadi rutinitas membuat tubuh mudah stres dan lelah. Apalagi kebiasan begadang membuat kekuatan fisik menurun total.

Barangkali diantara kita, jika sebelumnya mampu joging dengan durasi 30 menit hingga 1 jam. Namun setelah sangat sibuk dan sering begadang, joging selama 15 menit terasa sangat berat. Napas seakan mau habis, jantung serasa copot, detak jantung tidak terkendali.

Makanan juga tidak terjaga, semua serba yang instan dan cepat tersaji agar segera bisa dimakan. Kebiasaan memakan makanan instan, mengandung gula yang tinggi, serta jarang olahraga membuat badan kita makin rapuh.

Fisik Makin Ambyar

Bukan hanya itu saja, penurunan kekuatan fisik diikuti dengan penaikan berat badan. Fisik yang makin lemah, malah harus menanggung beban yang makin berat. Terutama tulang sebagai struktur utama penopang tubuh kita. Kulit yang dulu kencang, kini kendur menggelambir. Lemak yang dulu hanya menonjol di pipi, kini ikut menonjol pula di perut bagian depan.

Akhirnya, setiap tanding futsal selalu terjebak offside karena perut yang maju duluan, hehehe. Jadi kebiasaan ini harus diubah sedini mungkin. Mulai dari yang kecil dulu, mulai dari nol dulu. Beban yang besar harus didukung kekuatan fisik yang prima pula.

Mungkin tak sempat pergi ke tempat fitness atau ke gelanggang olahraga karena waktu yang tersedia tidak banyak. Maka olahraga rumahan adalah solusi yang tepat, dan juga cepat tentunya. Olahraga rumahan bisa dilakukan di pagi atau sore hari. Saat sebelum beraktifitas ataupun sesudah beraktifitas. Durasinya bisa disesuaikan dengan waktu yang tersedia dan juga kesanggupan. Untuk langkah awal lakukan selama 10 – 15 menit saja.

Berikut ini adalah olahraga rumahan yang bisa kita mulai lakukan untuk melatih semua anggota tubuh :

Push Up

Gerakan push up sangat mudah melakukannya, dengan posisi telungkup dan menaik-turunkan badan dengan kedua lengan. Efektif membakar lemak di lengan, punggung, perut dan juga bahu. Untuk pemula lakukan dengan 2-4 set dengan tiap set terdiri dari 5-8 repetisi tergantung kemampuan. Push up efektif melatih kekuatan lengan, bahu dan perut.

Sit Up

Bagi anda yang menginginkan perut yang ramping dan juga kencang bisa mencoba gerakan sit up. Efektif membakar lemak di perut bagian atas, untuk pemula lakukan dengan 2-4 set dengan tiap set terdiri dari 5-8 repetisi. Untuk pemula, sit up cukup berat melakukannya. Anda mau punya perut rata & sixpack? Rutin lakukan gerakan ini.

Squat

Gerakan naik-turun tubuh dengan mengandalkan kekuatan kaki ini adalah salah satu metode penguatan kaki. Squat melatih panggul, pinggang, paha, lutut, betis dan bisa membuat kaki nampak lebih ramping. Untuk awalan lakukan squat dengan 2-4 set dengan tiap set berisi 5-10 repetisi atau lebih sesuai kemampuan.

Gerakan Squat dengan variasi dan tambahan dumble untuk melatih beban pada paha.

Pull Up

Gerakan ini sangatlah sulit untuk dilakukan, karena selain menanggung berat badan, juga harus mencari palang untuk menggelantung. Anda bisa mengganti palang dengan pohon ataupun kusen pintu di rumah. Pull up melatih kekuatan lengan dan juga punggung. Lakukan dengan 5-10 repetisi, bila belum mampu mengangkat badan sepenuhnya, bisa melakukannya secara perlahan.

Lunges

Gerakan ini bertumpu pada kekuatan lutut dan paha. Selalu perhatikan keseimbangan tubuh saat melakukan gerakan lunges, dan atur napas dengan irama yang baik. Gerakan Lunges efektif menguatkan panggul dan juga paha. Lakukan gerakan lunges dengan 8-12 repetisi pada kedua kaki.

Crunch

Gerakan yang separuh sit up ini efektif melatih kekuatan perut atas maupun bawah. Bisa anda lakukan dengan beberapa variasi gerakan tergantung kesanggupan diri. Dalam melakukan crunch anda juga harus menjaga napas agar tidak terlalu cepat atau lambat. Crunch dan sit up jika bersamaan latihannya akan cepat membakar lemak di bagian perut.

Leg Plank

Leg plank adalah gerakan yang cukup berat. Dengan posisi duduk bersandar di dinding, gerakan ini melatih kekuatan lutut dan juga paha dengan sangat intens. Untuk pemula lakukan gerakan leg plank dengan durasi 10 atau 15 detik dahulu. Seiring berjalannya waktu durasi gerakan bisa meningkat.

Plank

Gerakan yang termasuk latihan core atau inti ini melatih hampir semua bagian tubuh. Bahu, lengan, perut, punggung, pinggang, kaki dan betis berlatih jadi 1 dalam plank. Plank banyak membakar kalori dan juga menghabiskan tenaga. Untuk pemula bisa mencoba melakukan gerakan ini dengan durasi 30 detik dahulu. Dan seiring berjalannya waktu bisa menambah durasi latihannya.

Bagi anda yang ingin memperkuat pinggang, siku lengan, punggung dan juga perut lakukan gerakan plank rutin 2-3 kali seminggu.

Nah itu dia gerakan untuk olahraga rumahan yang bisa anda coba. Simpel namun efektif bukan. Anda juga bisa melakukan gerakan latihan rumahan lainnya untuk divariasikan. Bila rutin melakukannya, tubuh akan terlatih dan menjadi lebih kuat dan bugar. Olahraga rumahan ini bisa anda lakukan 2-3 kali seminggu dengan durasi 15-30 menit. Di hari libur cobalah tambah durasi latihannya 5-10 menit ya.

Ingat, olahraga menjanjikan kebugaran tubuh. Kurus, Sixpack, Atletis, dan bentuk tubuh ideal adalah bonusnya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Type and hit Enter to search

Close