Headline

Jurus Pengubah Laptop Anti Not Responding

FaktaTren.com – Lagi khusyuk mengerjakan tugas dan pekerjaan dengan aplikasi di Laptop, tiba-tiba muncul peringatan Laptop Not Responding. Seketika pointer laptop tak bisa mengerjakan tugasnya untuk klik sana sini di aplikasi yang kita buka. Pekerjaan mandek, mana tugas dan pekerjaan sedang deadline dan harus segera ngegas mengerjakannya. Padahal banyak aplikasi yang sedang dibuka untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan.

Dan akhirnya cuma bisa menunggu sampai muncul notifikasi bahwa sedang ada masalah. Akhirnya cuma bisa memilih pilihan yang mengharuskan kita keluar dari aplikasi yang sedang terbuka atau menunggunya hingga waras kembali. Parahnya, saat hendak memilih pilihan di notifikasi tersebut aplikasi yang terbuka tiba-tiba tertutup sendiri.

Pada akhirnya kita cuma berharap pekerjaan di dalam aplikasi tidak hilang dan bisa langsung lanjut pengerjaannya.

Teliti Dalam Menggunakan Laptop

Dalam menggunakan laptop pribadi atau milik tempat kita bekerja, kita harus tau tentang kemampuan alat yang kita gunakan ini. Dengan demikian kita akan tau seberapa jauh kita bisa menggunakan laptop tersebut. Jangan sampai kejadian di atas menimpa kita di saat sedang mengerjakan pekerjaan penting dan harus segera selesai dalam waktu singkat.

Banyaknya pekerjaan yang bisa dilakukan laptop dalam satu waktu yang sama kita kenal dengan istilah multitasking. Dan kita semua tentu sudah mengetahui hal ini. Kemampuan laptop yang satu ini sangat membantu kita saat bekerja dalam banyak hal sekaligus pada satu waktu.

Kenyataannya kemampuan multitasking laptop bergantung oleh hardware yang kita kenal sebagai RAM (Random Access Memory). RAM pada laptop ibarat wadah yang bisa menampung aplikasi-aplikasi yang terbuka saat laptop sedang kita pakai. Semakin besar kapasitas RAM laptop yang kita punya maka aplikasi yang kita buka akan merasa semakin lapang.

Semakin banyak aplikasi yang kita buka juga akan turut mempengaruhi kapasitas RAM laptop yang terpakai. Apalagi di zaman sekarang, pekerjaan editing video & gambar, programming android atau web sering dilakukan bersamaan. Pekerjaan-pekerjaan tersebut membutuhkan aplikasi dengan ukuran yang besar. Secara otomatis aplikasi-aplikasi tersebut akan memakan banyak kapasitas RAM laptop.

Supaya kita gak mengalami kendala laptop not responding lagi, berikut ini adalah jurus-jurus yang bisa kita pakai untuk membuat laptop anti not responding :

Upgrade Kapasitas RAM

Upgrade kapasitas RAM adalah jurus paling ampuh yang bisa kita gunakan untuk mengatasi laptop yang sering not responding saat membuka aplikasi. Not Responding pada aplikasi yang terbuka pada laptop terjadi akibat kondisi kapasitas memori RAM laptop hampir penuh atau telah terpakai seluruhnya. Dengan demikian tidak ada space atau ruang lagi untuk aplikasi tersebut bekerja.

Sebelum upgrade kapasitas RAM pada laptop, kita harus memastikan slot RAM pada laptop masih tersedia atau RAM yang terpasang pada laptop bukan onboard(bawaan). Pada umumnya slot RAM pada laptop ada 2 atau lebih dan 1 slot sudah terpasang RAM, sisa slot inilah yang bisa kita gunakan untuk upgrade kapasitas RAM. Jika slot yang tersedia hanya 1 maka kita bisa mengganti RAM yang ada dengan kapasitas yang lebih besar. Namun jika slotnya hanya 1 dan RAM laptop adalah onboard maka kita tidak bisa menggantinya.

Standar Ideal kapasitas RAM yang kita gunakan baiknya adalah 8 GB. Jika kapasitas RAM 4 GB adalah standar minimal saat ini. Pastikan juga tipe RAM yang kita beli sesuai dengan slot RAM pada laptop kita. Tipe RAM DDR3 tidak bisa dipasang di slot RAM DDR4 begitu juga sebaliknya.

Cek Aplikasi Berjalan

Memeriksa aplikasi berjalan di laptop pada Task Manager juga penting untuk meminimalisir terjadinya kepenuhan kapasitas pada RAM laptop. Hendaknya kita selalu memastikan aplikasi yang berjalan baik yang kita gunakan atau yang berjalan di background adalah yang benar-benar kita gunakan.

Pastikan selalu tutup aplikasi berjalan yang kita rasa kurang penting atau yang tidak kita gunakan. Ini akan memberikan space lebih pada kapasitas RAM kita.

Gunakan Aplikasi Berkapasitas Sesuai

Menggunakan aplikasi dengan kapasitas yang terlalu besar akan membuat berat kinerja dan juga memakan kapasitas RAM pada laptop cukup banyak. Maka selalu pastikan aplikasi yang kita gunakan pada laptop sesuai kebutuhan dan kapasitasnya tidak membuat laptop kita makin gak enak ketikan kita gunakan. Asal fiturnya cukup dan sesuai dengan kebutuhan kita, menggunakan aplikasi dengan versi yang lebih rendah tentu tidak masalah bukan.

Nah itu dia jurus-jurus pengubah laptop anti not responding, semoga bermanfaat dan laptop gak lelet lagi ya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Type and hit Enter to search

Close