Headline

6 Infrastruktur Ini yang akan Diresmikan dan Ditinjau Jokowi di Sumut

6 Infrastruktur di Sumut yang akan Diresmikan dan Ditinjau Jokowi


FAKTATREN.COM - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Sumatra Utara pada Rabu (2/2/2022) hingga Kamis (3/2/2022). Mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, hari ini, Jokowi akan berkunjung ke sejumlah daerah mulai dari Kabupaten Toba, Simalungun, hingga Karo dan Langkat.

Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Ada sejumlah infrastruktur yang akan diresmikan langsung oleh presiden. Apa saja sih infrastruktur terbaru yang akan diresmikan? Yuk simak!

1. Jalan By Pass Balige


Jalan By Pass Balige


Setibanya di Bandar Udara Internasional Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, presiden akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Toba untuk meninjau dan meresmikan Jalan By Pass Balige.

Jalan ini sepanjang 9,8 km berbiaya Rp 36.962.750.000. Ini adalah proyek multiyear pemerintah pusat dengan menggunakan APBN tahun anggaran 2020.

Jalan dimulai dari desa Tambunan Lumbanpea sampai Desa Longat, kecamatan Balige. Jalan ini sudah dikerjakan sejak 2017 lalu dan sudah selesai. Bahkan sudah dilalui masyarakat.

Jalan ini didesain alternatif untuk mengatasi kemacetan di pusat Kota Balige, sebagai ibukota Kabupaten Toba, sejak Danau Toba didaulat menjadi destinasi wisata super prioritas.

Selain itu Jokowi untuk menyerahkan bantuan langsung tunai bagi para pedagang di Pasar Porsea, Kabupaten Toba.

2. Pelabuhan Ajibata dan pelabuhan lainnya


Pelabuhan Ajibata dan pelabuhan lainnya


Selain itu presiden juga akan meresmikan Pelabuhan Ajibata beserta enam pelabuhan lainnya. Ini adalah salah satu akses ke danau Toba hingga melakukan penyeberangan ke Samosir. Terdapat dermaga kapal ferry, yang melayani rute Ajibata-Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir.

Selain itu ada juga pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir dan Tigaras di Kabupaten Simalungun. Sementara Ambarita di Samosir masih dalam tahap pembangunan.

Selain itu Jokowi juga akan meresmikan empat kapal yang dibangun Kemenhub yakni dua unit Bus Air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora. Sebelumnya sudah diresmikan KMP Ihan Batak.

Selanjutnya Presiden Jokowi akan lepas sauh menuju Kabupaten Samosir dengan menggunakan kapal feri.

3. Kawasan Pantai Bebas Parapat dan IPAL serta Pelabuhan Ajibata


Kawasan Pantai Bebas Parapat dan IPAL serta Pelabuhan Ajibata


Selanjutnya presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Ruang Terbuka Publik (RTP) Kawasan Pantai Bebas Parapat. Ada wahana bermain dan sport mulai dari skateboard, joging area, spot selfie dengan paduan hamparan semenanjung Pantai Parapat.

Pekerjaan dimulai sejak 21 Oktober 2020 hingga 3 November 2021 dengan biaya sebesar Rp 84,6 miliar. Penataan ini di atas lahan seluas kurang lebih 10.150 meter persegi oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Selain itu juga ada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat, Kabupaten Simalungun dan Ajibata, Kabupaten Toba. Proyek ini membutuhkan anggaran Rp 45,6 miliar. IPAL Ajibata berkapasitas 2010 meter kubik (1.380 KK) serta IPAL Parapat dengan kapasitas 518 meter kubik (300 KK).

4. Kawasan Huta Siallagan dan Kampung Ulos Huta Raja


Kawasan Huta Siallagan dan Kampung Ulos Huta Raja


Presiden Jokowi juga diagendakan untuk meresmikan penataan Kawasan Huta Siallagan. Sekaligus juga meninjau penataan Kawasan Huta Raja dan meresmikan Kampung Ulos Huta Raja di Kecamatan Pangururan.

Dari laporan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti sebelumnya disebutkan, penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir dengan Pagu DIPA 2020-2021sebesar Rp57,9 miliar.

Kedua desa itu merupakan desa wisata yang kerap disinggahi wisatawan. Begitu juga sebagai pusat tenun. Di kawasan Huta Raja juga masih terdapat Rumah Adat Batak Samosir atau Rumah Gorga. Rumah itu diperbaiki karena dilestarikan. Sedangkan Kampung Huta Siallagan merupakan kampung yang terkenal akan batu persidangannya.

5. Pembangunan jalan Desa Liang Melas Datas yang rusak parah


Pembangunan jalan Desa Liang Melas Datas yang rusak parah


Masih ingat aksi warga mengirim satu truk berisi 3 ton buah jeruk ke Istana Negara pada Senin (6/12) lalu. Warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo bertemu langsung dengan Presiden Jokowi untuk melaporkan jalan rusak di wilayah mereka yang sudah puluhan tahun tidak pernah diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Jalan itu akhirnya mulai dibangun. Pemerintah Kabupaten Karo telah menaggarkannya di APBD tahun 2022 sebesar Rp6,029 miliar di awal tahun 2022. Jokowi dikabarkan akan meninjaunya langsung ke sana.

6. Jalan Tol Binjai-Stabat


Jalan Tol Binjai-Stabat


Jalan tol Binjai-Stabat rencananya akan diresmikan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, Kamis (3/2/2022) sore. Adapun Tol Binjai–Stabat sepanjang 12,3 km ini merupakan seksi 1 dari Ruas Tol Binjai–Langsa bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang akan menghubungkan Banda Aceh hingga Lampung.

Hutama Karya (Persero) telah selesai melakukan evaluasi Uji Laik Fungsi (ULF). ULF tersebut dilakukan 14-15 Januari 2022 lalu.

Hasilnya tol ini bisa menghemat perjalanan satu jam dari Binjai-Stabat menjadi hanya 15 menit saja.

[IDNTIMES]

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Type and hit Enter to search

Close