Headline

Berkomplot Dengan Israel, Mantan Komandan Hamas Kabur Dari Penjara Gaza

Berkomplot Dengan Israel, Mantan Komandan Hamas Kabur Dari Penjara Gaza

FAKTATREN.COM - Seorang mantan komandan Hamas yang dituduh memberikan informasi rahasia kepada Israel melarikan diri dari penjara di Jalur Gaza. Agen ganda bernama Abed al-Karim Abu Odeh (35) tersebut ditangkap oleh Hamas pada tahun 2019.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri yang dikuasai Hamas, Eyad Al-Bozm, mengatakan Abu Odeh melarikan diri dari penjara pada Sabtu (29/1/2022) pagi, lansir Jerusalem Post.

Abu Odeh, yang kini jadi buronan Hamas, dicurigai memetakan terowongan bawah tanah dengan alat pelacak yang diduga diterimanya dari “bos”-nya di Israel.

Tidak jelas bagaimana Abu Odeh, yang ditahan di Penjara Ansar di Jalur Gaza, berhasil melarikan diri.

Seorang jurnalis Palestina di Jalur Gaza melaporkan Hamas telah menangkap sejumlah tersangka karena dicurigai membantu Abu Odeh melarikan diri dari penjara.

Para pejabat Hamas menggambarkan Abu Odeh sebagai “tahanan keamanan yang sangat berbahaya”. Mereka menawarkan hadiah untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Para pejabat mengatakan mereka tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa Abu Odeh, yang merupakan mantan salah satu komandan Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas, akan mencoba menyeberangi perbatasan ke Israel.

Hamas mendirikan pos pemeriksaan dan mengerahkan puluhan petugas keamanan di beberapa bagian Jalur Gaza, terutama di dekat perbatasan dengan Israel, dalam upaya untuk mencegah Abu Odeh meninggalkan daerah kantong pantai Palestina tersebut.

[ARRAHMAH]

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Type and hit Enter to search

Close