PBB: Populasi Manusia Tahun ini Mencapai 8 Miliar Orang

PBB: Populasi Manusia Tahun ini Mencapai 8 Miliar Orang

FaktaTren.com - Organisasi Internasional yang menaungi negara-negara di seluruh dunia, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memperkirakan populasi manusia di dunia akan mencapai angka 8 miliar orang pada 15 November tahun ini, dan berpotensi tumbuh menjadi 8,5 miliar pada 2030, dan 10,4 miliar pada 2100.

Dalam perayaan Hari Populasi Dunia 11 Juli lalu, PBB juga memprediksikan populasi India akan melampaui China pada 2023 di tengah perlambatan pertumbuhan secara global.

India juga bisa melampaui China sebagai negara terpadat di dunia pada tahun yang sama, setelah kedua negara tersebut masing-masing telah mencatat jumlah populasi lebih dari 1,4 miliar penduduk tahun ini.

Data dari PBB juga telah memperkirakan peningkatan populasi dunia, yang saat ini telah tumbuh pada laju paling lambat sejak 1950, setelah sebelumnya mengalami penurunan di bawah 1 persen pada tahun 2020 lalu.

Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres menyampaikan, peningkatan jumlah populasi manusia seharusnya bisa menjadi pengingat untuk kita, untuk saling menghormati perbedaan yang ada.

“Pada saat yang sama, ini jadi tanggung jawab kita bersama untuk merawat bumi dan momen untuk merenungkan kegagalan kita memenuhi janji kepada sesama,” ujar Guterres pada rilis resmi PBB, Senin (11/7/2022).

Gutteres juga menambahkan, sebagai manusia harus selalu berkomitmen untuk melindungi dan menjaga hak asasi manusia. Orang nomor satu di PBB ini juga menyebutkan bahwa bertambahnya populasi manusia juga bertambah kesempatan untuk menjalankan hidup yang sama.

“Delapan miliar orang berarti delapan miliar kesempatan untuk menjalani kehidupan yang bermartabat dan berbahagia,” pungkasnya.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url